contoh iklan baris

contoh iklan baris

Contoh Iklan Baris

Hingga hari ini, periklanan masih memegang peranan penting dalam pengenalan produk atau kampanye kepada masyarakat untuk memperluas kesadaran atas sebuah produk atau jasa yang ditawarkan, tanpa beriklan tentu hasil yang ingin diperoleh menjadi tidak optimal, karena dengan meninggalkan beriklan berarti meninggalkan potensi penting yang akan membawa kemajuan dari sebuah bisnis.

Banyak perusahaan hingga kini masih mengandalkan periklanan untuk mengenalkan atau mengingatkan masyarakat atas sebuah brand yang memberikan solusi atas kebutuhan mereka, sekalipun perusahaan besar yang sudah ternama sekalipun mereka masih mengiklankan produk dan brand mereka untuk menunjukkan kebesaran dari brand yang mereka miliki serta untuk menarik pelanggan dari brand lain yang menjadi rival mereka. Seperti kita lihat sendiri contohnya pada iklan sepeda motor, terdapat beberapa brand besar yang selalu konsisten mengiklankan produk mereka untuk berlomba-lomba menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk mereka daripada menggunakan produk dari brand lain.

contoh iklan baris

Nah beberapa tujuan dari periklanan ini antara lain adalah:

1. Menghadirkan kepada konsumen atas hadirnya suatu brand yang ada di sekitar mereka, hal ini dikatakan sebagai brand awarness, yaitu kunci untuk menciptakan brand equity yang dominan dan kuat, tanpa melakukan ini sebuah brand akan mengalami kesulitan untuk memenangkan pangsa pasar yang tinggi, sehingga mereka berlomba-lomba untuk melakukan branding.

2. Menyadarkan kepada konsumen bahwa terdapat suatu brand yang memiliki keunggulan tertentu, tentu keunggulan produk dari brand yang mereka iklankan untuk menunjukkan kelebihan yang dimilikinya jauh lebih baik jika dibandingkan dengan produk lainnya.

3. Menciptakan sebuah koneksi dengan konsumen, yaitu ikatan emosi antara konsumen dengan brand yang dipromosikan sehingga menghadirkan kecintaan terhadap sebuah produk dari brand. Dari sini dapat kita lihat dari beberapa konsumen setia suatu brand, yang mana ketika mereka ingin membeli sebuah kebutuhan tertentu mereka akan memilih brand yang sudah dicintainya karena ikatan emosi yang menganggap brand tersebut baik untuk mereka karena memberikan kualitas dan pelayanan yang baik seperti yang mereka dapatkan dari pembelian yang telah mereka lalukan dahulu.

4. Menciptakan perilaku konsumen, dimana perilaku konsumen dapat dibentuk melalui sebuah kampanye periklanan, seperti pengenalan produk baru dari brand yang menggunakan teknologi baru untuk mempermudah, contohnya seperti kampanye tentang pemesanan tiket pesawat atau kereta api yang bisa dilakukan secara online, yang mana sebelumnya sudah terbentuk budaya bahwa memesan tiket haruslah melalui pemesanan langsung ke stasiun atau melalui biro travel.

5. Menciptakan serta mengembangkan citra yang baik dari sebuah brand, terkadang brand tertentu sedang dalam keadaan terpuruk misal karena kegagalan pelayanan, kualitas produk yang kurang tahan lama, tidak ramah lingkungan atau sebagainya sebagai contoh, sehingga dengan kampanye ini membantu pengembangan citra dari brand bahwa produk yang mereka ciptakan sekarang telah mengalami perubahan yang menuju kepada arah yang lebih baik.

6. Membuat persepsi positif kepada masyarakat yang merupakan calon konsumen potensial sehingga mereka menganggap produk dari brand yang dipromosikan ini memiliki keunggulan yang baik. Contoh seperti iklan smartphone tertentu, dengan mengunggulkan kelebihan yang dimiliki seperti memiliki sensor yang lebih baik dan lebih presisi, kamera yang lebih tajam dan memukau. Mereka membawa produk dengan tema yang unik, elegan, mewah dan sebagainya untuk menciptakan persepsi positif ini seperti kita lihat pada iklan-iklan yang biasa kita lihat.

7. Mengajak masyarakat untuk membeli produk yang mereka jual, dengan berbagai promosi yang diberikan di periklanan untuk menarik minat calon pembeli dengan menawarkan potongan harga, bonus, cashback, dan sebagainya, namun yang perlu disadari bahwa hal ini tidak serta merta menjadikan hal ini segalanya. Keberhasilan sebuah brand di pasaran juga dikarenakan kualitas dan elemen-elemen penting dari produk itu sendiri yang pada akhirnya melancarkan tujuan dari periklanan.

contoh iklan baris

Tujuh hal tadi adalah beberapa tujuan dari periklanan, dari hal ini kita dapati bahwa pentingnya mengembangkan pasar melalui beriklan. Ada banyak cara yang dilakukan oleh brand untuk periklanan, terutama brand-brand besar yang memiliki produk yang unggul dan dana kampanye yang besar, mereka memanfaatkan berbagai media periklanan yang ada. Beberapa media periklanan yang mereka tuju antara lain:

1. Media televisi dan radio

Melalui kampanye periklanan ini mereka akan mengeluarkan dana yang besar untuk mendapati brand mereka ditampilkan selama beberapa saat di televisi, namun mereka akan mendapatkan jumlah penonton yang banyak juga, biasanya dengan mengincar jam-jam puncak saat banyak penonton menyaksikan televisi dan mendengarkan radio, misalnya pada saat pertandingan piala dunia, sepakbola, konser band ternama, acara favorit yang sedang booming, sinetron, dan sebagainya. Mereka memanfaat momen-momen penting ini untuk mengkampanyekan brand mereka, mereka pada akhirnya mendapatkan hasil dari kampanye yang mereka lakukan yaitu popularitas dan beberapa yang telah disebutkan pada tujuan diatas.

2. Media cetak seperti koran, majalah, dan tabloid

Seperti yang bisa kita lihat sendiri setiap kita membuka majalah, koran atau tabloid, kita akan selalu menemukan iklan di dalamnya, terkadang iklan yang ditampilkan ini dalam ukuran yang besar namun ada juga dalam ukuran yang sedang hingga ukuran kecil. Dengan memasang iklan dengan ukuran besar, sudah pasti tidak dapat dipungkiri ketika anda membuka halaman tersebut anda akan melihat iklan yang ditampilkan tersebut dengan jelas dan seksama. Inilah yang diinginkan oleh pengiklan yaitu mereka ingin mencuri perhatian anda, harapannya mereka bisa mengajak dan menanamkan persepsi di ruang pikiran anda terhadap brand tersebut.

Pada iklan ukuran sedang dan kecil mereka juga melakukan hal yang sama, dengan tujuan yang sama juga. Tidak jarang mereka membagi-bagi iklan mereka dalam bentuk yang kecil atau sedang namun mendominasi media cetak yang sedang anda baca, sehingga menanamkan kesan yang mendalam dan membentuk ikatan emosi dengan pembaca. Iklan brand ini memang mengeluarkan biaya yang banyak dalam beriklan namun mereka berharap mendapat hasil yang sesuai dengan apa yang mereka keluarkan bahkal lebih.

Namun media cetak seperti koran dan tabloid atau majalah juga ada yang menyediakan iklan kecil yang disediakan bagi para penjual yang ingin mengiklankan barang jualan mereka sendiri, misalnya ingin mempromosikan kue buatan sendiri atau jasa milik mereka sendiri. Media menghadirkan pemasangan iklan yang optimal namun tetap terjangkau yaitu seperti iklan baris contohnya, dengan iklan baris ini mereka bisa mengiklankan brand mereka sendiri dengan cara yang mudah dan terjangkau namun tetap mendapatkan pembaca yang optimal dan banyak.

Beberapa contoh iklan baris dapat kita lihat dibawah ini:

contoh iklan baris

Dari sini tampak bahwa pemasang iklan menggunakan space yang telah disediakan dengan semaksimal mungkin, dengan harapan menyampaikan maksud dari apa yang mereka jual namun to the point dan tidak bertele-tele, dengan kata-kata singkatan yang sudah umum diketahui dan mudah dimengerti, dengan harga yang sangat terjangkau para pembaca yang berminat untuk menerbitkan iklan di iklan baris ini bisa dengan mudah melakukannya.

Contoh iklan baris diatas merupakan bukti bahwa banyak dari masyarakat yang melakukan jual-beli dengan beriklan di koran, mereka mendapatkan hasil yang optimal dengan cara ini daripada harus menawarkannya dari mulut ke mulut yang kurang efisien atau memasang iklan yang besar yang melebihi budget mereka. Hadirnya iklan baris ini merupakan solusi bagi masyarakat untuk dapat melakukan jual-beli dengan cara yang praktis dan cepat. Materi iklan yang diterbitkan juga beragam, mulai dari iklan mobil bekas, iklan jual properti, lowongan kerja, dan lain-lain.

Koran seperti kita ketahui, merupakan bacaan yang masih diminati masyarakat, dengan menyajikan berita terbaru dan mendalam, koran tidak tergerus dengan hadirnya berita yang bisa kita temukan di internet. Dengan potensi yang dimiliki koran ini masyarakat masih menggunakan koran untuk mendapatkan berita yang mendalam dan akurat.

Seperti halnya juga majalah dan tabloid, mereka juga menarik bagi para pembaca dengan cara menghadirkan di online store untuk membaca media via online melalui smartphone dan tablet, namun mereka tidak serta merta menutup jalur percetakan karena masih banyak masyarakat yang belum menggunakan internet dan smartphone atau tablet sebagai media informasi.

3. Media baliho dan papan reklame

Pemasangan iklan pada baliho maupun papan reklame merupakan cara efektif untuk mendapatkan perhatian masyarakat, semakin besar baliho atau papan reklame, maka semakin menarik mata para pengunjung yang melintas atau melewati tempat tersebut. Papan baliho ini memiliki andil yang besar dari periklanan yang dilakukan oleh brand tertentu, dengan cara ini secara tidak langsung menunjukkan ketenaran suatu produk dan membantu dalam menanamkan persepsi positif bagi mereka yang melihatnya.

Ketiga media diatas merupakan beberapa contoh dari periklanan yang dilakukan oleh pengiklan untuk mendapatkan hati dan pembeli potensial di masyarakat, dengan menggabungkan ketiga elemen diatas tentu bisa mendatangkan banyak manfaat bagi pengiklan itu sendiri.