iklan komersial

iklan komersial

Iklan Komersial Fungsi dan Beberapa Contohnya

Pada umumnya iklan merupakan suatu pesan atau berita yang memiliki tujuan agar dapat memberitahukan pada semua masyarakat serta khalayak ramai mengenai sebuah produk atau jasa yang sudah dimiliki oleh perusahaan dan sudah siap untuk dialihkan hak miliknya dengan melalui proses jual beli.

Iklan dapat dibagi menjadi dua yaitu iklan komersial dan iklan non komersial. Untuk iklan komersial merupakan iklan yang memberikan tawaran tentang barang ataupun jasa. Pada umumnya, iklan yang sering kita temui pada berbagai tempat adalah iklan komersial.

Sebuah iklan tidak cuma hangat saja, akan tetapi harus jelas. Sehingga, dengan begitu harus diperlukan sebuah perhatian yang khusus seriap hari dan demi hari. Hal ini karena agar bisa memberikan sebuah sajian iklan yang terbaru serta yang sesuai dengan konteks perhatian oleh para masyarakat yang sesuai dengan sasaran dari iklan tersebut.

Fungsi dan Tujuan Iklan Komersial

iklan komersial

Fungsi iklan komersial dalam bidang pemasaran yaitu untuk memperkuat sebuah dorongan keinginan serta kebutuhan para konsumen pada suatu produk agar dapat memenuhi kepuasan. Supaya sebuah iklan dapat berhasil dalam merangsang pada tindakan para pembeli, sebaiknya harus memenuhi beberapa kriteria.

Untuk kriteria pada iklan agar iklan tersebut dapat diterima oleh masyarakat yaitu harus mengandung sebuah daya tarik, dapat memunculkan keinginan para masyarakat agar ingin untuk membelinya, mengarah pada tindakan untuk melakukan proses jual beli dan lain sebagainya.

Dari beberapa konsep tersebut, periklanan pada iklan komersial adalah harus membutuhkan pengetahuan yang cukup. Seperti halnya tentang kebutuhan, perilaku, serta segmen pasar. Dari kensep tersebut, diharapkan untuk para konsumen dapat melakukan pembelian secara berkesinambungan.

Semua upaya pada iklan dengan gaya bahasa serta persuasifnya diusahakan dapat membuat para konsumen dapat mengkonsumsinya. Menurut seorang ahli bagaimana cara anda dalam mengolah kelemahan pada sebuah produk dan dapat menjadi sebuah kelebihan, itu merupakan sebuah fungsi untuk dijadikan sebagai ujung tombak pada pemasaran.

Untuk tujuan iklan komersial adalah untuk media informasi bagi produk yang akan disampaikan kepada konsumen. Untuk menyampaikan sebuah informasi pada suatu produk yang diprakarsai oleh produsen supaya para konsumen dapat menerima pesan yang telah disampaikan tersebut. selain itu dapat membujuk para konsumen agar dapat membeli produk yang telah dipromosikan.

Contoh Iklan Komersial

Ada beberapa contoh iklan komersial dalam mempromosikan sebuah produknya pada konsumen supaya dapat tertarik dalam memiliki produknya. Berikut contohnya yaitu Iklan Pantene shampo. Dimana pada sebuah iklan komersial ini sungguh menyentuh dengan sebuah kisah seorang anak yang tidak bisa berbicara.

Namun, ia memiliki kemampuan dalam dunia seni, terutama dalam menyanyikan alat musik dan bersaing dengan teman sekelasnya dengan berbagai macam cemoohan dari teman sekelasnya. Setelah itu ia mengikuti jejak ayahnya yang sama-sama tidak bisa berbicara dengan memainkan biola dipinggir jalan untuk mencari nafkah.

iklan komersial

Iapun mengambil pelajaran dari situ bahwa ia harus bisa untuk menjadi diri sendiri. Dengan ia mengikuti kontes musik klasik dan tanpa ia sadari biola yang ia mainkan dapat memukau para penonton.

Selain itu, contoh iklan komersial adalah pada iklan pads susu bubuk Nitrilion yang menggambarkan sebuah keinginan serta cita-cita dari seorang anak untuk masa depannya. Sebuah awal yang bagus dalam menuju masa depan yang cerah dengan beragam impian.

Iklan Komersial Fungsi dan Beberapa Contohnya

Pasti cukup menarik para perhatian konsumen dengan kemunculan iklan komersial tersebut dan pada saat itu masih jarang sekali membuat iklan komersial seperti diatas.