iklan mobil

iklan mobil bekas

Iklan Mobil

Sebelum anda memutuskan membeli mobil baru atau mobil bekas, ada baiknya anda meyakinkan diri anda dulu untuk satu hal ini, buatlah keputusan penting ini setelah anda matang maka persiapkan beberapa hal ini untuk memboyong mobil anda ke pintu garasi rumah anda. Beberapa tips disini akan memberikan anda panduan untuk mendapatkan mobil agar anda tidak mengalami kesalahan atau penyesalan di kemudian hari. Selamat menyimak!

1. Menentukan anggaran di depan

Sebelum memutuskan membeli mobil idaman, temukan mobil jenis apa yang kira-kira anda inginkan dan sesuaikan dengan budget yang anda miliki dan kemapuan anda menyicil bulanannya jika anda berencana mengambil kredit. Untuk mendapatkan posisi yang aman, anda perlu menyisihkan 20 persen dari total gaji bulanan anda untuk keperluan mobil, dan dari itu semua sudah termasuk untuk biaya perawatan, asuransi, perbaikan, dan untuk membayar cicilan anda.

2. Membeli mobil bekas tidaklah selalu murah harganya

Mungkin anda berpendapat mobil bekas harganya murah, namun dengan kondisi ekonomi seperti saat ini, harga mobil bekas yang menurut anda murah mungkin akan berbeda, jika anda membandingkannya dengan mobil baru mungkin memang lebih murah, namun tidak semurah yang anda bayangkan. Jika anda memiliki anggaran sebesar 120 juta – 140 juta mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk membeli mobil baru karena range harganya tidak terlalu jauh.

3. Lakukan perhitungan atas PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) dan pajak tahunan

Boleh jadi anda ingin membeli mobil impian anda sekalipun anda mampu dan memiliki dana yang lumayan besar, namun anda tetap harus memperhitungkan pajak tahunan, terlebih lagi jika pajak tahunan tersebut menurut anda tergolong besar, wasapadalah terhadap hal ini, karena boleh jadi harga mobil tersebut sama namun bisa berbeda jauh pajaknya. Cermati dulu sebelum membeli dan perkirakan anggaran yang perlu anda keluarkan setiap tahunnya untuk membayar pajak kendaraan.

iklan mobil

4. Jangan terpancing membeli mobil dengan iming-iming bunga 0 persen

Anda perlu mencari tahu suku bunga atas mobil yang akan anda cicil, waspadalah dengan iming-iming bunga nol persen karena itu bisa merupakan pancingan belaka, bersabarlah dan terus mencari tempat dimana anda mendapatkan bunga yang rasional dan menurut anda masih sesuai dengan budget bulanan anda. Anda bisa melakukannya dengan mensurvei dealer yang satu dengan yang lain, pasti anda akan menemukan dealer dengan suku bunga yang terbaik, jika sudah ketemu, tunggu apa lagi langsung ambil mobil impian anda.

5. Mencari mobil dengan potongan cash-back serta rabat pribadi

Beberapa dealer ada yang memberikan promo potongan harga untuk pembelian pada momen-momen tertentu, jika anda mau bersabar sejenak anda bisa menunggu sampai anda menemukan promo tersebut, namun ada juga dealer yang memberikan harga promo khusus yaitu rabat pribadi seperti bagi pembeli fresh grad, anggota militer, pemilik kartu kredit bank tertentu dan berbagai jenis promo lainnya, ini mampu menghemat anggaran bulanan anda karena potongan harganya biasanya cukup menguntungkan. Biasanya promo ini diterbitkan di koran dalam bentuk iklan mobil.

6. Mengetahui harga faktur

Harga faktur ini jika anda dapat mengetahuinya bisa memudahkan anda dalam tawar-menawar saat membeli mobil, untuk mendapatkan sedikit gambaran tentang hal tersebut anda bisa mencarinya melalui internet, meski informasi yang ada disana tidak akurat 100 persen setidaknya anda memiliki gambaran yang bisa anda gunakan sebagai acuan, lebih baik mengetetahui harga pasarannya sedikit daripada tidak sama sekali.

7. Melakukan tukar tambah mobil? Pertimbangkan lagi sejenak..

Ada baiknya anda mengurungkan niat anda untuk melakukan tukar tambah, hal tersebut akan merugikan anda karena biasanya tidak fair bagi pembeli, lebih baik anda terlebih dahulu menjual mobil lama anda, setelah berhasil dan laku terjual, baru pikirkan bagaimana untuk mendapatkan mobil baru. Ini jauh lebih menguntungkan bagi anda dan dengan fresh money dari penjualan mobil lama tadi bisa membantu anda dalam melakukan DP mobil.

iklan mobil bekas

8. Mencoba test drive dengan beberapa kondisi

Anda bisa meminta uji kemudi dengan beberapa kondisi seperti saat bersama keluarga, saat sendiri, kemudian dengan membawa perbekalan di bagasi, kenali semua fitur dan fungsi yang ada sehingga anda benar-benar mengerti seluk beluk kendaraan yang anda inginkan tersebut. Dapatkan kenyamanan yang anda cari bersama mobil baru tersebut, jika ada beberapa yang anda rasa kurang mungkin bisa anda lakukan perbandingan dengan mobil lainnya, intinya adalah yakinkan diri anda nyaman dengan kendaraan pilihan anda sebelum memutuskan membelinya di kemudian hari.

9. Melakukan pemeriksaan riwayat mobil

Meskipun anda membeli mobil baru, anda perlu memeriksa riwayat dari mobil yang anda beli, terkadang ada mobil yang memiliki riwayat seperti kesalahan fatal pada beberapa bagian seperti rem dan lain-lain, pelajari juga mobil tersebut apakah pernah dilakukan call oleh pabrik untuk reparasi pada bagian rem misalnya. Bagi anda yang membeli mobil bekas, jika anda tidak mengetahui tentang mobil sedikitpun, anda bisa mengajak teman anda yang mengerti tentang otomotif untuk menjadi pemandu dan penasihat anda.

Dengan mengajak rekan atau teman yang mengerti tentang mobil ini bisa membantu anda menemukan kekurangan-kekurangan yang disampaikan oleh penjual mobil, sehingga anda tidak akan merasa dirugikan nantinya jika anda sudah membelinya. Terkadang jika ada penjual yang tidak jujur mereka tidak akan mengatakan kondisi yang sebenarnya dari mobil tersebut, inilah salah satu fungsi orang yang memandu anda dalam membeli mobil bekas. Info iklan mobil bekas bisa anda dapatkan di banyak tempat salah satunya koran.

10. Menghindari penawaran tambahan

Saat mendatangi dealer dan anda mau membeli mobil, biasanya mereka memiliki harga penawaran tambahan, anda harus waspada dengan hal ini, pastikan anda tidak mengambil penawaran tersebut sebelum anda benar-benar mengerti harga dan membutuhkannya. Lebih baik lagi jika anda hanya fokus kepada mobil yang ingin anda beli, karena beberapa momen terkadang membuat pikiran anda berubah drastis dan menggugah anda membeli mobil diluar target anda.

iklan mobil bekas surabaya

Nah itu tadi merupakan tips untuk membeli mobil, namun jika anda mencari mobil bekas, kira-kira dimana saja tempat anda bisa menemukan penawaran mobil bekas?

1. Melihat iklan di koran

Cara ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan info tentang mobil bekas dijual, dari melihat iklan mobil ini anda bisa mencari berbagai tipe jenis mobil mulai tahun yang anda inginkan sampai tipe dan harga jual yang sesuai dengan budget anda. Selain menampilkan banyak informasi tentang mobil bekas dijual, anda juga bisa menjual mobil anda dengan pasang iklan koran tentang mobil anda di koran. Dengan cara ini anda dapat menyelam sambil minum air, alias sambil menjual mobil anda juga sambil mencari mobil jika anda memiliki mobil yang ingin anda jual.

2. Mencari di situs jual beli

Beberapa orang ada yang mengiklankan mobil mereka yang ingin dijual di situs jual beli ini, jika anda tertarik anda juga bisa mencarinya di beberapa situs yang menawarkan mobil bekas tersebut, namun anda harus memastikan bahwa mobil yang anda akan beli sesuai dengan kriteria anda dan apa yang disampaikan di dalam iklan tersebut benar adanya.

Semoga informasi ini bisa memberikan  anda gambaran bagaimana cara mendapatkan mobil impian anda dengan cara yang aman dan tepat. Semoga mobil impian yang anda idamkan segera menjadi nyata.