iklan mobil bekas

iklan mobil bekas

Iklan Mobil Bekas

Kebutuhan akan transportasi pribadi memang tidak terelakkan bagi kita, kini dengan semakin banyaknya mobil-mobil yang masuk ke negeri ini juga menjadikan banyak sekali merek mobil yang berada di pasaran, anda bisa melihat sendiri kini hampir semua merek mobil yang populer telah turun di jalanan. Kemudian anda memutuskan untuk membeli mobil? namun anda masih bingung ingin membeli mobil baru atau mobil bekas? itu tergantung dengan keinginan anda. Namun membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan tepat jika anda ingin menghemat pengeluaran.

Nah bagaimana caranya agar kita dapat membeli mobil bekas dengan cara yang aman dan agar tidak terkecoh? Semoga beberapa tips ini bermanfaat bagi anda.

Hal pertama yang penting adalah anda sebaiknya menentukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda, kebutuhan yang anda miliki tentu berasal dari berbagai pertimbangan yang sesuai dengan kondisi anda, misal untuk digunakan usaha antar jemput siswa atau karyawan, untuk berdagang, untuk membawa peralatan nikah dan pesta, dan lain-lain. Semisal anda membutuhkan untuk peralatan pesta, tentu anda perlu membeli mobil dengan model pick up terbuka yang mampu memuat banyak barang, atau jika untuk antar jemput anda bisa membeli mobil dengan model carry yang mampu memuat banyak penumpang, atau jika anda gunakan untuk tour n travel anda bisa membeli mobil dengan ukuran yang sedikit lebih besar dan nyaman untuk perjalanan jauh serta menambah nilai pelayanan anda di mata customer.

iklan mobil bekas

Hal kedua, perlu dipertimbangkan kebutuhan anda dengan kemampuan finansial anda alias uang yang anda miliki saat ini, fokuslah dengan kebutuhan dan modal anda serta tetap mencari secara seksama dengan usaha maksimal, anda bisa menggunakan banyak sumber informasi tentang iklan mobil bekas ini, bisa dilihat di koran, situs web, situs pasang iklan dan lain-lain yang intinya memberikan informasi mobil dijual. Jika memungkinkan, belilah mobil dari domisili kota yang sama dengan kota milik anda, sehingga anda bisa mengunjungi lokasi mobil tersebut dengan lebih dekat.

Hal ketiga adalah pentingnya mengenali karakater penjual mobil tersebut, jika anda mengenali kebiasaan dan tabiat dari pengguna tersebut anda bisa mengira-ngira kondisi mobil tersebut bagaimana seharusnya jika dilihat dari pemilik lama. Maka dari itu sangat disarankan anda membeli mobil tersebut dari orang dekat anda, seperti saudara, teman, atau teman dari saudara yang anda percaya, atau teman dari teman anda yang bisa anda percayakan, sebab dari hal tersebut bisa kita ketahui jika tidak mungkin saudara atau teman baik anda berniat untuk menipu anda, biasanya mereka akan menceritakan semua kondisi yang terjadi pada mobil tersebut sehingga anda tidak merasa rugi nantinya, jika terdapat masalah pada onderdil lama hal tersebut sudah wajar mengingat mobil tersebut bukan mobil baru, namun dengan hal ini anda bisa mendapatkan perkiraan onderdil mana saja yang perlu diganti dan sudah tahu letak dimana saja kemungkinan masalah yang akan muncul suatu hari nanti saat anda di perjalanan.

Hal keempat adalah tentang teknis dari mobil yang anda butuhkan, mulailah dengan mempelajari semua detail dari merek serta tipe mobil yang anda incar, mulai dari body mobil, mesin dan kabelnya, lampu, grill, nat, pintu, jendela, kaca, interior, dll. Ini memungkinkan anda mendapatkan mobil yang sesuai dengan kondisi aslinya dan mencegah anda terkecoh dengan mobil rekondisi. Jika anda mendapati kaca lampu mobil yang suram, berarti mobil tersebut sering terjemur matahari, jika kaca mobil tersebut polos tanpa sablon atau tulisan yang timbul maka hal tersebut menandakan imitasi, lalu lihat pada karet pada kaca, jika anda mendapatinya sudah rusak atau retak maka akan gampang bocor saat terjadi hujan, atau karet yang sudah pernah disiler dengan lem hitam, jika anda mendapati kaca pernah dibongkar atau dilepaskan, berarti menandakan bahwa mobil itu sudah pernah dicat ulang atau pernah ganti kaca.

Kemudian pastikan jika kaca yang pernah diganti tersebut adalah kaca yang dibuat khusus untuk mobil, sebab jika kaca biasa atau abal-abal tentu cahaya dari luar akan menganggu pengguna yang berada di dalamnya, kaca mobil yang umum biasanya memiliki tulisan sablon merek mobil pada bagian pinggirnya, jika anda tidak menemukannya lebih baik jangan memaksakan membeli mobil tersebut, perhatikan juga bagian talang air diatas mobil, jika sudah berkarat dan rompal bisa jadi mobil tersebut tidak memiliki garasi sebelumnya sehingga rusak terkena panas dan air secara berkala, periksa juga lantai mobil yang anda lihat, bisa dengan membuka karpet yang ada dibawah, jika anda menemukannya masih dalam kondisi baik maka layak dipertimbangkan, namun jika sudah rapuh lebih baik lupakan saja.

iklan mobil bekas

Kemudian coba anda perhatikan kondisi pintu saat mobil ditutup, perhatikan kondisi pintu sama rata dengan body dan tidak menonjol, kemudian periksa kondisi kap mobil saat dibuka apakah masih terdapat stiker yang menempel di atasnya, biasanya jika sudah pernah di cat ulang akan tertutup serta karet pada kap juga terdapat sedikit cat yang menempel di sekitarnya. Dashboard juga perlu anda perhatikan juga, panel-panel diperhatikan secara seksama masih dalam kondisi yang bagus, jika ada kabel yang keluar dari dashboard maka nanti dapat membahayakan di perjalanan, jika anda membelinya bisa anda bawa ke tukang dinamo untuk direwiring lagi dari diperiksa jika ada kerusakan. Biasanya dashboard yang rapi menandakan pemiliknya juga rapi, dan tentu pemilik yang care pada mobilnya tidak akan membiarkan ada kabel menjulur keluar dari dashboard. Lalu body mobil bisa dicoba dicek dengan mengetuk menggunakan punggung jari anda, jika yang terdengar masih suara metal berarti masih dalam kondisi bagus, sebab body yang sudah pernah di dempul atau di las akan berbunyi layaknya plastik dipukul ketika anda mengetuknya.

Pada kap mesin juga bisa dilihat jika wiringnya rapi atau berantakan, lalu periksa kebocoran oli pada mesin serta air pada bagian radiator, kebocoran pada oli merupakan hal serius, anda harus waspada terhadap hal ini, sebab jika tidak anda ketika membelinya bisa turun mesin dan sering membeli oli karena kebocoran ini. Lalu pada radiator, coba anda lihat airnya, jika air radiator masih bening maka tidak ada kebocoran, namun jika air menunjukkan tanda-tanda keruh mungkin terjadi kebocoran pada oli mesin, anda juga bisa mengecek oli dengan mencabut checker oli yang ada pada mesin dan anda lihat kondisi oli tersebut, jika oli hitam pekat menandakan mobil tersebut jarang diganti olinya, serta jika oli berwarna keruh putih atau seperti berair berarti ada kebocoran dari radiator, hal ini cukup serius sebab air yang bocor kedalam mesin bisa merusak mesin didalamnya yang menyebabkan kerusakan nantinya seperti berkarat dan aus.

Hal terakhir yang tidak boleh anda lewatkan adalah nomor mesin dan nomor rangka pada body harus sama dan sesuai dengan STNK dan BPKB, anda bisa menggunakan kertas cek fisik yang biasa digunakan di SAMSAT, lalu anda simpan juga kertas tersebut karena bisa berguna nanti ketika anda mengurus balik nama kendaraan. Untuk jaga-jaga supaya anda tidak terburu-buru membeli, jangan membawa uang terlalu banyak, misal bawa saja beberapa ratus ribu untuk tanda jadi ketika anda sudah deal dengan penjual, serta membawa kwitansi dan materai yang ditanda tangani pemilik BPKB, jangan lupa meminta fotokopi KTP penjual juga. Dan untuk pertama kali ketika anda melihat-lihat anda bisa juga mengajak teman yang mengerti tentang mobil untuk membantu anda memberikan masukan serta pertimbangan, mungkin juga mereka bisa membantu anda menawar.

iklan mobil bekas

Bila memungkinkan anda melakukan tes drive jika penjual membolehkannya, sehingga anda bisa menguji sebagaimana mestinya mobil tersebut apakah nyaman digunakan dan tidak ada masalah ditemukan, jangan mudah percaya dengan odometer yang rendah sebelum mencoba langsung kendaraan, sebab terkadang penjual yang nakal bisa mempermainkan kilometer yang telah ditempuh tersebut ke nilai yang rendah untuk menaikkan harga seakan-akan mobil tersebut jarang dipakai dan mulus, kemudian asuransi dari mobil tersebut, asuransi mobil bisa dipindahtangankan pada saat balik nama, namun surat-surat dokumen dari kendaraan juga harus lengkap supaya lebih lancar saat kepengurusan.

Nah itu tadi adalah tips memeriksa kendaraan yang penting dilakukan, selebihnya anda harus lebih teliti lagi seperti mengecek jok mobil masih dalam bentuk yang utuh dan tidak penyet, dan sebagainya.

Sekarang untuk mencari informasi mobil bekasnya, anda bisa memulai dengan melihat di internet yang menawarkan mobil yang anda inginkan di kota anda, kemudian anda bisa melihat juga di iklan mobil bekas yang biasanya terbit di iklan koran, biasanya anda bisa menemukannya bersama iklan-iklan baris lainnya seperti iklan lowongan kerja, iklan properti dan sebagainya. Untuk melihat iklannya biasanya penjual ada yang mencantumkan bekas pemakainya, misal bekas dokter, bekas bos, atau sebagainya, biasanya dengan informasi seperti ini penjual berniat menunjukkan bahwa kondisi mobil tersebut dalam keadaan yang prima dan terawat.

Itulah beberapa informasi yang bisa diberikan disini, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan bisa membantu memberi masukan bagi anda yang ingin membeli mobil bekas. Selamat berburu mobil dan semoga lancar.