jenis iklan

jenis iklan

Jenis Iklan, Pengertian, Ciri- Ciri dan Syaratnya

Tidak jarang kita menemukan berbagai jenis iklan yang memasarkan berbagai produk maupun jasa baik di media elektronik maupun cetak. Umumnya masing-masing produsen senantiasa menyajikan iklan yang menarik untuk membuat para konsumennya terpikat.

Iklan merupakan pemberitahuan tentang barang dan jasa dengan maksud membujuk para khalayak masyarakat supaya tertarik akan produk maupun jasa yang dipasarkan. Dalam sebuah iklan memiliki persyaratan dan ciri agar iklan tersebut dapat menarik perhatian konsumen tanpa menyinggung pihak lain.

Ciri-ciri dan persyaratan berbagai jenis iklan

jenis iklan

Supaya bisa menarik perhatian, bahasa iklan memiliki ciri:

  1. Kata yang digunakan mempunyai sugesti untuk khalayak
  2. Pilihan kata yang dipakai logis, tepat, sopan dan menarik
  3. Kata yang digunakan menunjukkan sasaran
  4. Pilihan kata yang dipakai memperlihatkan informasi yang diutamakan

Supaya disebut sebagai iklan yang baik harus memenuhi persyaratan berikut:

  1. Jelas dan gampang dimengerti
  2. Jujur dan obyektif
  3. Menarik perhatian banyak orang
  4. Tidak menyinggung lain pihak

Berbagai jenis iklan yang sering dijumpai di media

Kita kerap kali membaca atau menyaksikan iklan yang tersebar di berbagai media baik media cetak maupun elektronik. Jenis iklan berdasarkan media yang dipakai terbagi menjadi berbagai jenis berikut ini:

  1. Iklan display

Iklan display merupakan jenis iklan yang menampilkan tulisan dan gambar yang lebih besar. Iklan ini lebih besar dibanding iklan kolom jika dilihat dari bentuk.

  1. Iklan cetak

Iklan cetak merupakan jenis iklan yang dipublikasikan dengan media cetak misalnya: tabloid, majalah, koran, dll. Sesuai ruang yang dipakai dalam media majalah, surat kabar, dan tabloid terdapat 3 bentuk iklan yakni:

  • Iklan baris

Iklan baris merupakan iklan yang cuma ditulis pada sejumlah baris yang biasanya terdiri dari 3 hingga 4 baris serta memiliki luas hanya satu kolom. Karena dihitung perbaris umumnya biayanya cukup murah, sebab seluruh informasi bisa tersampaikan dengan bahasa yang singkat, sederhana dan penuh makna. Jenis iklan ini digunakan untuk lowongan kerja, produk atau jasa tertentu.

  • Iklan kolom

Iklan kolom merupakan jenis iklan yang didesain dengan bentuk kolom dan levelnya diatas iklan baris. Hal ini karena dilengkapi dengan lambang, symbol dan gambar yang mendukung isi iklan. Jenis iklan ini digunakan untuk lowongan kerja, serta barang atau jasa tertentu.

  1. Iklan elektronik

Iklan elektronik merupakan jenis iklan yang dipublikasikan melalui media elektronik, yang terbagi menjadi:

  • Iklan televisi

Iklan televisi merupakan jenis iklan berupa perpaduan gerak, gambar dan suara yang dipublikasikan lewat televisi, sehingga dapat didengar dan dilihat.

jenis iklan

  • Iklan perusahaan

Iklan perusahaan merupakan jenis iklan yang memiliki tujuan untuk membangun citra sebuah perusahaan khususnya dalam membangun citra sebuah barang maupun jasa yang diproduksi oleh perusahaan terkait supaya dibeli.

  • Iklan radio

Iklan radio merupakan jenis iklan berupa perpaduan efek suara (sound effect) dan bunyi kata-kata (voice) yang hanya didengar dan dipublikasikan lewat radio.

  • Iklan internet

Iklan internet merupakan jenis iklan yang dipublikasikan lewat internet yang bisa dilihat maupun didengar.

  • Iklan layanan masyarakat

Iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang memiliki tujuan menghadirkan pelayanan untuk masyarakat dengan menghimbau atau mengajak untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

  1. Iklan advertorial

Iklan advertorial merupakan jenis iklan yang dibuat layaknya berita.

Jenis Iklan, Pengertian, Ciri- Ciri dan Syaratnya

Dengan informasi tentang berbagai jenis iklan iklan diatas bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa yang anda miliki. Sekarang sudah jelas kan bagaimana iklan itu terbagi secara mendasar, nah semoga bermanfaat ya informasi ini buat para pembaca 🙂